Sudah berlangganan artikel blog ini via RSS Feed?
WELCOME TO MY BLOG

May be useful
for you in finding information
and thanks for visiting

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Mas Leo Blog

Followers

Sidedy Sableng

DDH

Suka-suka Saya

Blogger Solutions

search

Popular Templates

Blog and Web

Jumat, 02 Maret 2012

12 MACAM BROWSER BESERTA KELEMAHAN DAN KELEBIHANNYA


Google Chrome

Google chrome merupakan browser buatan google. Pada Interfacenya terlihat bahwa google ingin para penggunanya lebih fokus pada web dan melupakan browser yang digunakan. Ini atinya Google Chrome memiliki tampilan yang tidak mengusik dan nyaman ketika sedang digunakan.
Chrome juga memiliki “Modus Penyamaran”. Pada modus ini memungkinkan para penggunanya dapat mengakses website tanpa meninggalkan jejak. Selain itu browser ini memberikan opsi “Make Application Shortcut” . Dengan feature ini sebuah aplikasi web seperti GMAIL atau Google Teader dapat dijalankan lewat shortcut pada Desktop atau Start Menu. Sehingga kelihatan seperti sebuah aplikasi lokal.
Pada setiap TAB yang dibuka di Chrome memiliki proses yang terpisah, sehingga ketika eror atau crash pada salah satu tab tidak akan mempengaruhi tab yang lain.
Fungsi pencarian yang dimiliki oleh Chrome sangat baik sekali. Contohnya, Chrome dapat mendeteksi ketika pengguna pernah melakukan pencarian di suatu website dan memasukkan website tersebut dalam daftar penyedia pencarian.
Fungsi yang lain yang masih merupakan keunggulan Chrome adalah kemampuan menebalkan nama domain sebuah website yang dianggap berbahaya. Contohnya pada sebuah website penipuan beralamatkan ibank.klikbca.d60pc.com, maka d60pc.com akan ditebalkan sehingga akan diharapkan para pengguna sadar bawah itu bukan situs resmi KlikBCA. Desain Chrome tergolong simpel dan minimalis, mudah diupdate, ringan dan gesit. Selain itu Chrome juga tergolong ringan dan gesit, serta memiliki security yang kuat. Saat ini menjadi browser yang paling tahan terhadap serangan hacker.
(+)Kelebihan:
-Ringan dan gesit, termasuk ketika start pertama kali dan berpindah tab
-  Desainnya simpel dan minimalis
-  Updatenya mudah
-  Sistem security kuat, saat ini menjadi browser yang paling tahan terhadap serangan hacker
-  Google mananamkan opsi “Make Application Shortcut” . Dengan feature ini sebuah aplikasi web seperti Gmail atau Google Teader dapat dijalankan lewat shortcut pada Desktop atau Start Menu. Sehingga kelihatan seperti sebuah aplikasi local.
-  Pada setiap tab yang dibuka di Chrome memiliki proses yang terpisah, sehingga ketika eror/crash pada salah satu tidak akan meyebabkan seluruh browser error. (ini kekurangan yang terdapat pada FireFox dan browser lainnya).
(-) Kekurangan:
-Statis, fiturnya kurang banyak
-Installnya harus online, Chrome tidak menyediakan file masternya, jadi kalau mau menginstall hanya diberi file lauchernya saja
- Untuk kecepatannya masih bisa dibilang kurang stabil, karena saat mencoba membandingkannya dengan FireFox, terlihat jauh lebih lama dalam proses loading.
- Karena bisa di bilang browser yang dalam masa pertumbuhan, tampilan yang ditayangkan oleh Chrome kurang menarik, dan bisa dibilang hanpir sama dengan tampilan aplikasi Opera.

Comodo Dragon

Comodo Dragon merupakan salah satu chrome based browser yang benar-benar berfokus pada security dan privacy anda saat browsing di internet. Fitur Comodo Dragon antara lain peningkatan keamanan privacy anda, SSL certificate Identification, stabilitas yang lebih tinggi, incognito mode stops cookies.

            Dengan fitur keamanan yang super tinggi ini, tentu saja mengurangi kecepatan browsing anda karena sebelum website ditampilkan di halaman browser, website tersebut terlebih dahulu melalui beberapa pengecekan untuk memastikan keamanannya.
Comodo akan melakukan validasi SSl, menghentikan cookies dan spy, serta mencegah didownloadnya tracking dari browser anda oleh web-web yang anda kunjungi.
Kelemahan Comodo Dragon adalah versi chrome based nya yang masih tertinggal jauh dari versi chrome saat ini.

Netscape


Netscape merupakan salah satu program browser yang digunakan untuk menjelajah dunia internet. versi pertama dari netape dibuat pertama kali dengan nama Mosaic oleh National Center of Supercomputing Application di Urbana Champaign.
Netscape Navigator dapat digunakan untuk mengunjungi word wide web page dan juga dapat membuat serta melihat dokumen HTML yang ada bahkan dapat melihat bentuk asli dari dokumen HTML.
Netscape Navigator merupakan browser web yang terkenal pada era 1990-an dan paling banyak digunakan sebelum kemunculan Internet Explorer dari Microsoft, yang dibuat oleh Netscape Corporation. Pada zamannya, Netscape banyak digunakan oleh pengguna karena memang lebih baik dibandingkan dengan beberapa web browser berbasis grafis yang lainnya saat itu. Netscape tersedia dalam platform Windows 16-bit (Win16), Windows 32-bit (Win32), UNIX, serta Macintosh.
Netscape Navigator merupakan browser yang dibuat dari basis kode sumber Mosaic Web Browser dari National Center for Supercomputing Applications (NCSA), karena memang pembuat NCSA (Marc Andressen) adalah pendiri Netscape Corporation. Selain tersedia dalam bentuk Netscape Navigator, Netscape juga mengeluarkan paket suite Internet, yang disebut sebagai Netscape Communicator, yang menggabungkan Navigator, klien e-mail, editor halaman web, dan aplikasi lainnya.
+) Kelebihan :
- stabil jika digunakan untuk surfing, browsing, upload dan download
- Netscape Navigator adalah browser web yang merupakan gagasan bagi browser Mozilla Firefox.

-) Kekurangan :
- Tampilan GUI (Graphical User Interface) kurang bagus atau kasar


Flock

Flock adalah web browser yang dibangun dengan code Mozilla Firefox yang web browser ini khususkan menyediakan social networking dan web 2.0.
Flock didesain untuk memudahkan aktivitas online pengguna internet mengatur beberapa social networking, web mail, news feeds dan blogs yang mereka miliki. Dengan mengunakan Flock mereka dapat dengan mudah menjelajah, berbagi, dan menikmati content maupun menjalin hubungan di situs pertemanan yang mereka inginkan.

(+) Kelebihan :
- Untuk kelebihan mungkin tidak berbeda jauh dengan flock terdahulu, mungkin karena sudah menggunakan chrome (goolgle) sebagai engine based nya maka kecepatan menjelajah nya semakin cepat.
- lebih simple dan minimalize
(-) Kekurangan :
- belum terintegrasi dengan IDM jadi buat nyedot² belum terasa poll
- installisasi nya harus online

Sea Monkey

SeaMonkey atau lengkapnya Mozilla SeaMonkey adalah suatu internet suite, yang merupakan gabungan web browser untuk menjelajah internet, e-mail client untuk menerima dan mengirim e-mail, news client untuk menerima berita dan HTML editor untuk menyunting halaman-halaman website yang menggunakan html (hyper text mark-up language).
Dahulunya perangkat lunak ini bernama Mozilla Application Suite, yang merupakan pengembangan dari Netscape Navigator buatan Netscape Communications Corporation (yang sudah bubar). SeaMonkey merupakan peranhkat lunak yang bersifat free software, open source, dan cross-platform. Dikembangkan secara bersama oleh suatu komunitas yang dipimpin oleh SeaMonkey Council (Dewan SeaMonkey).


Kelebihan Dari SeaMonkey Browser:
- Bisa berguna untuk email dan browser sekaligus.
- Penterjemahan website2 yang berbahasa asing (China, Jepang, Korea, Spanyol, dll) ke bahasa Inggris -yang lebih mudah dimengerti.
- Dapat memfilter email spam ataupun virus.

Kelemahan Dari SeaMonkey Browser:
-Ada beberapa jenis web yang tidak mau dan tidak bisa dibuka.



Maxthon

Maxthon, awalnya dikenal sebagai MyIE2, adalah sebuah browser web gratis untuk Microsoft Windows. Rilis terbaru, Maxthon 3, mendukung baik Trident dan Webkit mesin render [2].
Maxthon memenangkan CNET WebWare 100 Awards pada tahun 2008. [3] dan 2009, [4] dan # 97 dalam daftar PCWorld tentang 100 Produk Terbaik 2011 Menurut CEO Internasional Maxthon Ming Jie "Jeff" Chen, Maxtho.
didasarkan pada MyIE, yang awalnya diciptakan oleh Changyou, seorang programmer Cina yang ingin menyesuaikan browser web Internet Explorer [6] [7]. Changyou diposting sebagian besar sumber kode [8] untuk MyIE pada board sistem Buletin sebelum meninggalkan proyek pada tahun 2000. Chen terus berkembang MyIE dan pada tahun 2002 merilis versi baru, MyIE2 [9] MyIE2 tumbuh dengan cepat, dengan pengguna di seluruh dunia memberikan kontribusi plugin dan kulit,. Dan membantu dengan debugging. Itu namanya Maxthon pada tahun 2003. Chen didirikan Mysoft International Limited di Hong Kong pada tahun 1999 untuk mendistribusikan browser MyIE [11] Pada tahun 2005 perusahaan menerima dana benih dari perusahaan modal ventura WI Harper Group dan Morten Lund, investor Skype pertama, dan Chen pindah. Perusahaan ke Beijing. [12] [13] Pada tahun 2006 Maxthon menerima investasi lebih lanjut dari AS yang berbasis perusahaan modal ventura Charles River Ventures [10].
Pada tanggal 10 April 2007, TechCrunch melaporkan bahwa Google telah menginvestasikan setidaknya US $ 1 juta di Maxthon;. [14] ini ditolak pada hari berikutnya oleh Chen [15] Namun, dalam sebuah wawancara dengan Sina.com Portal Cina, Chen tidak tidak mengesampingkan masa depan "kerjasama" antara kedua perusahaan. [16]
Maxthon adalah salah satu dari dua belas browser Microsoft disajikan pada tahun 2010 di BrowserChoice.eu, sebuah website yang memungkinkan pengguna dari Microsoft Windows yang berada di Wilayah Ekonomi Eropa untuk memilih browser default web mereka ingin untuk digunakan pada komputer mereka. [17]
(+) Kelebihan :
- Mempunyai screen capture, untuk membuat screenshot pada web.
- Pada sidebar sebelah kiri ada sidebar khusus untuk pengguna facebook. dengan sidebar tersebut kita dapat melihat status teman kita.
- Ringan. Tidak banyak makan resource

-) Kekurangan :
- Interfacenya tidak enak dilihat, terasa jadul.
- Manajemen tabnya agak aneh.

Mozilla Firefox


Mozilla Firefox bernama Phoenix dan kemudian untuk sesaat dikenal sebagai Mozilla Firebird adalah penjelajah web antar-platform gratis yang dikembangkan oleh Yayasan Mozilla dan ratusan sukarelawan. Sebelum rilis versi 1.0-nya pada 9 November 2004, Firefox telah mendapatkan sambutan yang sangat bagus dari pihak media, termasuk dari Forbes dan Wall Street Journal. Dengan lebih dari 5 juta download dalam 12 hari pertama rilisnya dan 6 juta hingga 24 November 2004, Firefox 1.0 adalah salah satu perangkat lunak gratis, sumber-terbuka (open-source) yang paling banyak digunakan di antara pengguna rumahan.
(+) Kelebihan:
Ø Banyak fitur tambahan (add ons), ibarat kepingan puzzle, add ons ini bisa dibongkar pasang sesuai dengan kebutuhan user
Ø Bandel, cocok untuk membuka situs-situs multimedia
Ø  Updatenya mudah
Ø  Sistem security kuat
(-) Kekurangan:
Ø  Mozilla Firefox tidak memiliki pertahanan yang cukup bagus terhadap serangan popup bila kita membuka website dengan banyak popup, yang bisa mengganggu kenyamanan browsing.
Ø  Loading lama saat mulai start, apalagi jika banyak adds-on yang terinstall
Ø      Mozilla Firefox, seperti browser lain, pada umumnya tidak memiliki pertahanan yang baik untuk menangani malware. Malware adalah sejenis virus yang menginfeksi komputer yang biasanya ditujukan untuk mencuri data-data komputer yang diinfeksi.
Ø  Mozilla Firefox sering crash terhadap aplikasi-aplikasi lain di komputer, sehingga komputer tidak dapat digunakan karena hang.
Ø      Mozilla Firefox memakan memori yang sangat besar. Apalagi kalau kamu membuka banyak tab atau windows sekaligus
Safari
Safari dibuat oleh Apple Inc, perusahaan yang juga memproduksi komputer Macintosh, iPod, dan juga iPhone. Dibangun dengan browser engine WebKit, WebKit juga adalah browser engine pertama yang lulus test Acid3. 
(+) Kelebihan:
ü  Tampilannya cantik (ciri khas produk Apple)
ü  Ada fasilitas untuk memperkecil bandwith
ü  Lebih cepat dari Opera (bukan Turbo)

(-) Kekurangan:
ü  Sering macet (appCrash) pada versi Windows-nya
Plug in / Add On lebih sedikit  daripada Mozzila atau Opera


Silver Light

Microsoft Silverlight adalah sebuah kerangka aplikasi untuk menulis dan menjalankan aplikasi Internet kaya, dengan fitur dan tujuan mirip dengan Adobe Flash. Li ngkungan run-time untuk Silverlight tersedia sebagai
dukungan pengembang plug-in untuk browser web yang berjalan di bawah Microsoft Windows dan Mac OS X. Sementara versi awal Silverlight difokuskan pada media streaming, versi saat ini dukungan multimedia, grafis dan animasi, dan memberikan untuk CLI bahasa dan alat-alat pembangunan. Silverlight adalah juga salah satu dari dua platform pengembangan aplikasi untuk Windows Phone.
Selama sekitar 5 tahun Microsoft telah merilis 5 versi: Versi pertama dirilis pada tahun 2007, versi terbaru dirilis pada tanggal 9 Desember 2011. Hal ini kompatibel dengan beberapa web browser yang digunakan pada Microsoft Windows dan Mac OS X sistem operasi. Perangkat mobile, mulai dengan Windows Telepon dan Symbian (Seri 60) ponsel, diharapkan akan didukung pada tahun 2010. [5] [6]

Sebuah implementasi software gratis bernama Moonlight, yang dikembangkan oleh Novell dalam kerjasama dengan Microsoft, tersedia untuk membawa versi Silverlight 1 dan 2 fungsi untuk Linux, FreeBSD dan lainnya platform open source - meskipun beberapa distribusi Linux tidak menyertakannya, mengutip redistribusi dan kekhawatiran paten

a. keuntungan:
1
. Silverlight mencakup subset dari teknologi Windows Presentation Foundation (WPF), yang sangat memperluas elemen dalam browser untuk membuat UI. WPF memungkinkan Anda membuat immersive grafis, animasi, media, dan fitur lainnya klien kaya, memperpanjang browser berbasis UI melampaui apa yang tersedia dengan HTML saja.

2.
Silverlight menyediakan ekstensi untuk bahasa scripting browser yang universal yang memberikan kontrol atas UI browser, termasuk kemampuan untuk bekerja dengan elemen WPF

3.
Silverlight diintegrasikan dengan JavaScript yang ada dan ASP.NET AJAX kode untuk melengkapi fungsi yang telah Anda buat

4. Jaringan dukungan. Silverlight termasuk dukungan untuk HTTP melalui TCP. Anda dapat terhubung ke WCF, SOAP, atau ASP.NET AJAX layanan dan menerima XML, JSON, atau data RSS.


b. Kekurangan:

kekuranan Silver light hanya satu adalah bahwa klien perlu menginstal runtime Silverlight

Opera


Opera dikembangkan oleh Opera Software Company adalah salah satu Web Browser dan juga Internet Suite. Jika firefox punya add-ons, Opera punya “Opera Widgets”. Sebuah aplikasi web kecil yang dijalankan bersamaan dengan Opera yang mempunyai kegunaan tertentu, layaknya Add-ons firefox.
(+) Kelebihan:
§  Ringan
§  Memiliki email client dan rss sendiri, jadi tidak perlu memakai email client lain seperti Outlook, Thunderbird dan lainnya
§   Pemanggilan kembali Cache cepat
§   Diklaim sebagai browser tercepat didunia (pada versi turbo)
§  Fitur keamanan situsnya lebih lengkap muntuk menangkal virus dari internet yang merusak dan mencuri data dari komputer anda.
(-) Kekurangan:
§  Agak lambat dalam membaca script pada beberapa halaman situs
§  Untuk meng-update-nya harus men-download kembali file masternya
§  Sering error jika digunakan untuk menyimpan halaman
§  Tidak bisa menerima format tertentu seperti XML dan ada beberapa situs developer game yang tidak bisa dibuka.

 
K-Meleon


K-Meleon merupakan salah satu browser gratis yang open source, dimana para pengembangnya bisa datang dari seluruh dunia. Browser ini boleh dikatakan sebagai salah satu browser yang bagus, karena sifatnya yang open source sehingga memungkinkan para penggunanya untuk memodifikasi atau mengkustomise browser tersebut sehingga sesuai dengan keinginannya.
Kelebihan K-Meleon dibandingkan dengan Firefox:
v  Lebih simple
v  Lebih ringan
v  Tanpa bermacam-macam plugin maupun add-ons yang membuat kerja browser lebih ringan dan cepat tentunya. Selain itu, "cepat dan ringan" (K-meleon) tidak memakan resource yang banyak. Fitur-fiturnya juga cukup bagus
Namun, ada beberapa kekurangan k-meleon:
  • Kurang cocok untuk membuka facebook, akan ada peringatan bahwa versi browser yang digunakan versi lama (padahal yang dipake adalah k-meleon terbaru)
  • Agak repot untuk menambahkan plugin/add on jika dibandingkan dengan Firefox, walaupun sudah ada beberapa plugin yang terpasang secara default
  • Untuk menambah/menutup tab perlu beberapa kali klik mouse, walaupun masih bisa juga dengan shortcut keyboard
Internet Explorer


Windows Internet Explorer sebelumnya dikenal sebagai Microsoft Internet Explorer, disingkat IE atau MSIE adalah sebuah peramban web dan perangkat lunak tak bebas yang gratis dari Microsoft, dan disertakan dalam setiap rilis sistem operasi Microsoft Windows sejak 1995. Internet Explorer hingga kini masih merupakan browser web yang paling banyak digunakan, meliputi 93.7% dari keseluruhan penggunaan browser menurut sebuah perusahaan penganalisa web WebSideStory.
(+) Kelebihan Internet Explorer :
·         Menyediakan add ons, walaupun tidak sebanyak Firefox
·         Khusus IE8, tampilannya lebih elegan dan menarik
·         Bagi pengguna Windows Live maka akan di manjakan dengan tab bookmark yang terhubung ke fitur-fitur milik Windows Live
(-) Kekurangan Internet Explorer :
·         Gagal membaca script dibeberapa halaman situs (khususnya CSS)
·         Berat saat awal start dan saat membuka tab baru
·          Internet Explorer 8 mudah dan pernah dijebol dengan hacker.
·         Internet Explorer 8 mengambil 380MB space memori komputer dengan 2GB memori di OS Vista, sedangkan versi yang sebelumnya hanya membutuhkan 159MB memori.
·         Beberapa situs web mungkin tidak ditampilkan secara benar dan tidak berfungsi dengan baik padahal pada versi sebelumnya hal ini tidak terjadi.






 








 







 

0 komentar: